BERSIH SEKOLAHKU, NYAMAN BELAJARKU



MASIH ingatkah kamu dengan slogan, Kebersihan Sebagian dari Iman? Yup, jika kita mengaku sebagai orang Islam pasti tahu slogan tersebut. Kalimat itu bukan datang sembarangan, melainkan dari sebuah hadits yang disampaikan langsung oleh orang paling berpengaruh di dunia, yakni Rosulullah SAW.

Jika melihat hadits tersebut, kebersihan menjadi hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk di dalam lingkungan sekolah. Kebersihan menjadi salah satu faktor penting dalam menunjang kenyamanan kegiatan belajar mengajar (KBM).

Lingkungan sekolah merupakan tempat di mana seorang siswa menjalankan kegiatan pendidikan untuk memperoleh ilmu pengetahuan, perubahan sikap, dan keterampilan hidup. Lingkungan sekolah menurut Sukmadinata dibedakan menjadi tiga, yaitu lingkungan fisik, sosial,dan akademis. Ketiga hal tersebut mampu mempengaruhi proses belajar siswa, tentunya dengan cara menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman.

SDIT Al Islam yang terletak di Jalan Veteran No. 8 Kudus adalah salah satu sekolah yang menerapkan prinsip kebersihan untuk menciptakan kenyamanan dalam belajar. Hal ini dibuktikan dengan tersedianya tempat sampah di berbagai sudut sekolah, pembiasaan membuang sampah pada tempatnya, penanaman berbagai jenis tanaman, serta yang tidak kalah penting adalah kegiatan bank sampah yang dilakukan setiap hari Sabtu.

Upaya menciptakan lingkungan sekolah yang bersih dan asri ini tidak hanya dijalankan oleh cleaning service atau siswa saja, tetapi seluruh warga sekolah bahkan komite (wali siswa) ikut berpartisipasi untuk mewujudkannya. Sebagaimana visi SDIT Al Islam, yaitu “Terdepan dalam Menyiapkan Generasi Solih, Berprestasi, dan Berwawasan Lingkungan”. Menumbuhkan kesadaran dan menanamkan karakter bagi seluruh warga sekolah akan pentingnya kebersihan. Karena pada dasarnya, siswa akan lebih senang belajar dalam suasana yang bersih dan asri. Selain itu lingkungan yang bersih, akan menjadikan udara di sekitar juga bersih. Sehingga otak dapat menjalankan fungsi dan kegunaannya dengan sempurna.

Dengan menerapkan kebersihan ini pula, SDIT Al Islam pernah meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri, yakni program untuk mewjudkan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah.

 







Berbagi

Posting Komentar